Di Balik Interview

Setiap Perusahaan, memiliki kualifikasi yang berbeda untuk calon karyawannya. Siapa yang cocok dengan kualifikasi yang dicari, akan digali melalui beberapa tes, misalnya Tes kesehatan, Psikotes dan tentunya Interview.

Tau ga? Walaupun pertanyaan Interview berbeda2 tiap perusahaan, poin2 yang akan digali umumnya sama. Inilah beberapa poin atau kualifikasi yang umumnya dicari oleh perusahaan, salah satunya melalui tahap Interview. Apa saja?

Motivasi
Motivasi sangat erat hubungannya dengan keinginan untuk berprestasi, keinginan untuk maju, keinginan untuk melakukan yang terbaik untuk perusahaan, walaupun harus berkorban. Perusahaan akan mencari orang2 yang selalu semangat dalam bekerja.

Emosi
Beberapa pertanyaan akan menekan Anda. Disini Akan terukur, sejauh mana emosi Anda mempengaruhi kinerja Anda, dan akan Anda bawa kemana emosi Anda. Apakah akan membuat lebih maju, atau hanya akan membuat keadaan menjadi makin runyam. Tujukkan bahwa dalam tekanan pun, Anda dapat berfikir jernih, dan melakukan hal yang benar, atau paling tidak Anda tidak memperburuk keadaan. Tunjukkan bahwa, tekanan seperti apapun, itu bisa diatasi oleh Anda.

Pengambilan Keputusan
Banyak pertanyaan yang tidak diduga muncul. Terkadang tidak masuk akal, atau memberi pilihan tentang pemecahan suatu masalah. Pertanyaan ini akan memerlukan waktu, bahkan tidak sedikit, untuk memutuskan pemecahan masalah yang diajukan, sedangkan jawaban dibutuhkan saat itu juga. Akan memperlihatkan, bagaimana Anda dapat mengambil keputusan yang dapat mendukung perusahaan, dan tentunya dalam waktu yang tidak lama.
Jangan gugup. Berikan waktu kepada diri Anda untuk berfikir. Tapi, cobalah untuk tidak membiasakan mengucapkan kata2 seperti '...aduh, gimana ya..' atau 'mungkin'. Berikan jawaban pasti. Coba berikan waktu untuk Anda berfikir dengan kata2 misalnya '...masalah ini memang sering dihadapi...'. Yang penting, jangan perlihatkan kebingungan Anda, apalagi memperlihatkan bahwa Anda tidak bisa mengambil suatu keputusan.

Kemampuan Bergaul
Sering muncul pertanyaan seputar teman2 , kegiatan, organisasi, keluarga Anda dsb. Jangan salah bro! Pewawancara tidak sekedar ingin tau siapa teman Anda, komunitas Anda, organisasi yang pernah diikuti, berapa teman Anda, permasalah dengan teman Anda.
Ingat pepatah lama 'Jika mau mengetahui tentang diri seseorang, lihat lah teman2 dekatnya'. Pembicaraan tentang teman, relasi atau keluarga Anda, akan memperlihatkan bagaimana sosialisasi Anda, bagaimana Anda menanggapi lingkungan Anda, bagaimana Anda bekerja dengan orang lain. Ingat, kita bekerja tidak sendiri, tetapi dengan orang banyak, dan dari sekian banyak orang, mempunyai satu tujuan yang sama. Tentunya harus tercipta suatu lingkungan yang harmonis. Tentunya perusahaan tidak menginginkan 'kerikil diantara rantai' kan? Karena itu akan membuat roda tidak berjalan dengan baik...

Keahlian (skill)
Wow, ini termasuk yang paling penting. Apakan keahlian Anda sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan pada saat itu? Percuma Anda bisa menyenangkan Pewawancara dengan jawaban2 Anda, jika ternyata Anda tidak mempunyai skill yang dibutuhkan. Pertanyaan biasanya seputar portofolio Anda, pengalaman Anda, kapasitas Anda. Jadi, ceritakan apa yang pernah Anda lakukan, prestasi yang pernah diraih, yang tentunya semua harus berhubungan dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

1 comment:

•AtseroFourth-alvarie•™ said...

Huakakekakeakak


PERTAMAX

SALAM knal kk...bagi bagi kripik dan saran...bwat saiah2 oc^^