Pertanyaan Interview Kerja 1

Menghadapi wawancara kerja, bagi yang baru pertama melakukannya, akan menjadi pertanyaan besar dan ketakutan bagi dirinya. Wajar saja, karena setiap pertanyaan memiliki jawaban yang bisa menunjukkan karakter orang.


Hati2 bro! Salah ngomong, bisa2 bikin Interviewer jadi ill feel. Nah...ini nih sedikit bocoran dari pengalaman teman, Penulis sendiri, dan orang2 yang pernah menginterview... Ni semua pertanyaan2 yang paling umum diajukan oleh sang pewawancara, berikut dengan maksud pertayaan.

1. Apakah tujuan dan sasaran jangka pendek serta jangka panjang anda, mengapa anda mau mencapai tujuan tersebut, dan bagaimana anda mempersiapkan diri untuk mencapai hal itu?

---Motivasi. Pewawancara ingin mengetahui, sejauh mana cita2 Anda, dan bagaimana Anda mempersiapkan diri. Pewawancara ingin tau, apakah Anda seorang pekerja keras yang memiliki target.

2. Apakah tujuan khusus anda, selain tujuan yang ada hubungannya dengan pekerjaan? Sudahkah anda mempersiapkan diri untuk 10 tahun mendatang?

---Kreativitas. Walaupun pertanyaan mengatakan 'selain tujuan yang ada hubungannya dengan pekerjaan', tetap saja Pewawancara ingin tau, apakah cita2 Anda, tujuan hidup Anda, kreativitas Anda diluar pekerjaan bisa mendukung pekerjaan dan kinerja Anda. Jawablah dengan sedikit berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar

3. Bagaimana anda melihat diri anda dalam 5 tahun yang akan datang?

---Kesiapan. Seberapa siap Anda menghadapi tantangan didepan Anda.

4. Apa yang menjadi tujuan jangka panjang anda?

---Target. Disini akan dicari keterangan, apakah Anda adalah orang yang mempunyai target dalam hidup Anda, yang tentunya bisa menunjang kinerja Anda di tempat kerja.

5. Apa rencana anda untuk mencapai tujuan tersebut?

---Planning. Percuma Anda memiliki target yang bagus dan jelas dalam bekerja, jika Anda tidak memiliki planning atau rencana untuk mencapai target tersebut. Pewawancara ingin mengetahui, apakah Anda bisa bekerja dengan baik, tanpa perlu peraturan dari Perusahaan, walaupun Perusahaan pasti akan mempunyai peraturan sendiri.

6. Imbalan apa yang anda inginkan terutama dari usaha/pekerjaan anda?

---Hati-hati dengan pertanyaan ini. Jangan sampai Anda memberikan kesan selalu ingin diberi 'imbalan' (gaji/komisi). Anda juga harus rela berkorban untuk perusahaan. Coba jawab dengan '..Saya ingin dapat dipercaya memegang jabatan Saya..', misalnya.

7. Apakah yang anda inginkan tersebut dapat diraih dalam waktu 5 tahun?

---Percaya diri. Anda harus memperlihatkan bahwa Anda memiliki mind set bahwa pasti bisa mengerjakan apa yang menjadi target Anda, tanggung jawab Anda.

8. Mana yang lebih penting bagi anda: uang atau imbalan lain dari pekerjaan tersebut?

---Imbangi jawaban dari pertanyaan diatas. Anda harus berani menjawab bahwa Anda tentu memerlukan uang untuk hidup, tapi Anda juga harus rela berkorban untuk perusahaan. Jangan selalu menjawab tentang uang atau imbalan yang akan Anda terima

9. Bagaimana anda menggambarkan diri anda sendiri?

---Apakah Anda mengenal diri sendiri? Bagaimana Anda bisa bekerja sama dengan orang lain, jika bahkan tentang diri sendiri tidak tahu.

10. Mengapa saya harus mempekerjakan anda?

---Kesempatan Anda untuk mempresentasikan tentang diri Anda. Ceritakan kelebihan Anda, skill Anda, yang tentunya semua itu harus sejalan dengan posisi yang Anda lamar.


Sekian dulu y informasinya... Nanti deh klo ada lagi informasi, segera Saya posting... Klo ada saran/tambahan, tulis di comment j ato kirim ke carikerja08@yahoo.com. Thanks...

1 comment:

Expo Lowongan Kerja said...

Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN PT. Pertamina EP